Pendidikan tinggi merupakan jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program pendidikan diploma, sarjana, magister, spesialis, dan doktor. Pendidikan tinggi diselenggakan dengan sistem terbuka. Dalam rangka membantu pemerintah dalam menyediakan dan meningkatkan sumber daya manusia secara nasional dan khususnya di Provinsi DKI Jakarta, Yayasan Perguruan Tamansiswa Jakarta akan senatiasa berperan aktif dalam pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas, mempunyai wawasan luas, bertanggung jawab serta mempunyai kredibilitas yang tinggi sesuai bidang ilmu yang dipelajarinya dan mampu menjawab tantangan di era globalisasi dengan menyediakan tenaga ahli professional yang berkualitas.

Yayasan Perguruan Tamansiswa Jakarta telah ikut berpartisipasi dalam membantu program Pemerintan Bodetabek dan Provinsi DKI Jakarta dalam pengembangan sumber daya manusia bidang pendidikan, di mana Yayasan Perguruan Tamansiswa Jakarta yang didirikan secara berangsur-angsur telah diupayakan yaitu Taman Dewasa (1930), Taman Madya (1949), Taman Guru (1930), Taman Karya Ekonomi (1971), Taman Karya Publik (1976).

Pada ulang tahun yang ke-60 tanggal 14 Juli 1989, para alumni dalam seminar seharinya mendesak untuk melengkapi usaha Tamansiswa Jakarta dengan mendirikan Perguruan Tinggi. Berdasarkan hasil rapat-rapat Majelis Tamansiswa cabang Jakarta dengan alumni yang tergabung dalam kelompok Garuda 25 diperoleh kesepakatan bahwa sebagai langkah awal dalam rangka mendirikan Universitas Tamansiswa Jakarta didirikan terlebih dahulu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Tamansiswa Jakarta.

Berkat Rahmat Tuhan Yang Maha Esa dengan didorong semangat kerja keras serta Majelis Cabang Tamansiswa Jakarta periode 1992-1996 serta didukung oleh para alumni serta simpatisan Tamansiswa yang tergabung dalam kelompok Garuda 25 dan Ketua Yayasan Ki. Mohamad Said Reksohadiprojo, pada tanggal 20 September 1993 dibukalah perkuliahan STIE di Jalan Garuda No. 25 Kemayoran Jakarta Pusat.

Untuk sementara sarana prasarana STIE Tamansiswa Jakarta tersebut dipinjami oleh Perguruan Tamansiswa Cabang Jakarta, dengan harapan berangsur-angsur utamanya setelah menjadi Universitas Tamansiswa Jakarta akan mempunyai kampus serta sarana dan prasarana sendiri.

Kini STIE Tamansiswa Jakarta sudah berjalan 28  tahun dengan status terakreditasi BAN-PT dengan SK No. 016/SK/BAN-PT/Aked/S/I/2018 untuk Program Studi Akuntansi dan SK No. 409/SK/BAN-PT/Aked/S/II/2018 untuk Program Studi Manajemen. Diharapkan di masa mendatang sudah dapat meningkatkan status akreditasi. Sementara itu akreditasi institusi masih dalam perjuangan. Kerja keras semua pihak sangat diperlukan sesuai status Tamansiswa sebagai Badan Perjuangan Kebudayaan dan Pembangunan Masyarakat.